Minggu, 12 April 2009

Hari Raya Roti Tidak Beragi (938)

Dear Bloggers,


Pada posting 937 (Hari Perdamaian dengan Allah), telah diurai arti daripada Paskah, Passover atau Pesach yg dikenal dengan Paskah Yahudi. Yang anehnya adalah ada sebuah peristiwa lain yg dilakukan oleh Jesus atau Isa, yakni tentang Perjamuan malam terakhir, sebuah perjamuan atau perayaan yg dilakukan Jesus dalam rangka memperingati Paskah Yahudi tersebut.


Perayaan itu selain disebut dengan Perjamuan Malam Terakhir dikarenakan Jesus ditangkap keesokan harinya di taman Getsemani yg dikenal dengan peristiwa Getsemani, disebut juga dengan Hari Raya Roti Tidak Beragi.


Keganjilan yg langsung bisa kita temui adalah :

1. Paskah untuk umat Kristen menjadi sebuah peringatan terhadap perjamuan terakhir itu sendiri (Jesus) bukan kepada peristiwa momen bangsa Israel mengambil sebuah keputusan besar yakni keputusan untuk keluar dari tanah Raja negeri untuk meninggalkan kemusyrikan. Momen ini seperti tak ada sambungannya, padahal Jesus sendiri melakukan perjamuan pada malam itu adalah untuk memperingati momen eksodusnya bangsa Israel keluar dari tanah Mesir (kitab Keluaran).


2. Dilalahnya lagi, Paskah bagi umat Kristen jatuh pada tanggal yg berbeda setiap tahunnya dengan Paskah umat Yahudi karena umat Kristen tidak menggunakan kalender perhitungan Ibrani.


3. Nilai yg terkandung didalamnya menjadi berbeda, bahkan masing2 hanya memperingati tokohnya masing2. Umat Yahudi dengan Musanya, umat Kristiani dengan Jesusnya. Nilai Paskah bagi umat Yahudi bukan lagi hari dimana umat melakukan langkah besar, keluar dari tanah Raja Mesir yg bermakna keluar dari kemusyrikan hukum Raja2 dunia. Nilai luhur Paskah hanya sebatas menjunjng tinggi tradisi dan leluhur mereka yakni keturunan Jacob (Yaqub atau bangsa Israel).


4. Pada Perjanjian lama dikatakan bangsa Israel keturunan Yaqub yg dipimpin oleh Musa "memakan roti yg tidak beragi". Apa yg dimaksud dengan roti yg tak beragi? Ini adalah sebuah pertanyaan yg saya anggap sangat mahal. Karena sampai hari ini, banyak orang mengartikan roti ini sebagai roti makanan jasmani, seperti Bread Talk atau Holand Bakery. Padahal, baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, kata roti bukanlah makanan jasmani, melainkan makanan ruhani atau firman Allah. Kenapa dikatakan tidak beragi (ragi adalah campuran yg digunakan untuk membuat roti menjadi mengembang). Karena roti yg telah dikembangkan menjadi seperti besar (padahal hanya berisi gelembung2 udara) adalah sebuah amsal atau perumpamaan dari ajaran yg telah tercemar dan direkayasa.


Keluaran 12
12:15 Kamu makanlah roti yang tidak beragi tujuh hari lamanya; pada hari pertama pun kamu buanglah segala ragi dari rumahmu, sebab setiap orang yang makan sesuatu yang beragi, dari hari pertama sampai hari ketujuh, orang itu harus dilenyapkan dari antara Israel.

Keluaran 12
12:17 Jadi kamu harus tetap merayakan hari raya makan roti yang tidak beragi, sebab tepat pada hari ini juga Aku membawa pasukan-pasukanmu keluar dari tanah Mesir. Maka haruslah kamu rayakan hari ini turun-temurun; itulah suatu ketetapan untuk selamanya.

Keluaran 16
16:4 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba, apakah mereka hidup menurut hukum-Ku atau tidak.

Matius 16:11 Bagaimana mungkin kamu tidak mengerti bahwa bukan roti yang Kumaksudkan. Aku berkata kepadamu: Waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki."


Tapi jika Bloggers masih penasaran tentang ketidaktahuan mereka, silahkan klik Wikipedia tentang Paskah, anda akan menemui penafsiran mereka yg masih saja mengartikan matzoh (roti tak beragi) yg dimakan bangsa Israel pada saat itu adalah karena mereka tak sempat membuat ragi ketika mereka harus buru2 berangkat mengikuti instruksi Musa untuk keluar dari tanah Mesir ( http://id.wikipedia.org/wiki/Paskah_Yahudi ).


5. Demikian pula dengan nilai Paskah dari umat Kristiani, hanya sebuah tradisi nilai luhur dari Perjamuan Malam Terakhirnya Jesus. Sedangkan nilai apa yg dirayakan Jesus pada perjamuan terakhir itu seperti tidak penting. Dikatakan dalam Perjanjian Baru bahwa Jesus membagi2kan roti. Roti apa yg dibagikan Jesus? Roti Holand Bakery lagi? No Bloggers. Roti yg dibagikan Jesus pada malam itu adalah ruh Allah, ruh kudus, kesadaran untuk meninggalkan ideologi Raja2 Romawi yg sekuler, kesadaran kembali bertauhid untuk berpegang teguh pada ajaran yg satu, ajaran yg dari Allah, konsep menata diri dan menata masyarakat berdasarkan hukum Allah, serta kembali kepada hukum Taurat.


Harusnya itulah yg menjadi roti untuk dimakan, kesadaran yg harusnya dibagikan kepada umat kalau Jesus adalah seorang juru selamat orang Yahudi, seperti para juru selamat sebelum2nya yakni Musa, Ibrahim maupun Nuh.


Salam
aca

Referensi Alkitab :

Matius 4
4:4 Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."


Matius 12
12:4 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan bagaimana mereka makan roti sajian yang tidak boleh dimakan, baik olehnya maupun oleh mereka yang mengikutinya, kecuali oleh imam-imam?


Matius 14
14:19 Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak.

Matius 14
14:20 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh.

Matius 15
15:26 Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing."

Matius 15
15:33 Kata murid-murid-Nya kepada-Nya: "Bagaimana di tempat sunyi ini kita mendapat roti untuk mengenyangkan orang banyak yang begitu besar jumlahnya?"

Matius 15
15:34 Kata Yesus kepada mereka: "Berapa roti ada padamu?" "Tujuh," jawab mereka, "dan ada lagi beberapa ikan kecil."

Matius 15
15:36 Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya memberikannya pula kepada orang banyak.

Matius 15
15:37 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, tujuh bakul penuh.

Matius 16
16:5 Pada waktu murid-murid Yesus menyeberang danau, mereka lupa membawa roti.

Matius 16
16:7 Maka mereka berpikir-pikir dan seorang berkata kepada yang lain: "Itu dikatakan-Nya karena kita tidak membawa roti."

Matius 16
16:8 Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: "Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Hai orang-orang yang kurang percaya!

Matius 16
16:9 Belum juga kamu mengerti? Tidak kamu ingat lagi akan lima roti untuk lima ribu orang itu dan berapa bakul roti kamu kumpulkan kemudian?

Matius 16
16:10 Ataupun akan tujuh roti untuk empat ribu orang itu dan berapa bakul kamu kumpulkan kemudian?

Matius 16
16:11 Bagaimana mungkin kamu tidak mengerti bahwa bukan roti yang Kumaksudkan. Aku berkata kepadamu: Waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki."

Matius 16
16:12 Ketika itu barulah mereka mengerti bahwa bukan maksud-Nya supaya mereka waspada terhadap ragi roti, melainkan terhadap ajaran orang Farisi dan Saduki.

Matius 26
26:17 Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi datanglah murid-murid Yesus kepada-Nya dan berkata: "Di mana Engkau kehendaki kami mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?"

Matius 26
26:26 Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku."

1 komentar:

BELAJAR BAHASA mengatakan...

hari raya roti tidak beragi memperingati kebebasan orang Israel dari perbudakan Mesir