Jumat, 03 Juli 2009

SALIB (945)

Selama ini, yang kita tahu, salib ya lambangnya orang Kristen. Cerita yg tersiar adalah tiang yg dibuat untuk menyiksa orang pada zaman Roma. Orang yg disalib biasanya adalah mereka yg melawan rezim Herodes. Sampai kemudian terdapat cerita bahwa konon, Jesus ditangkap dan mati di tiang salib juga.

Bloggers. Apakah Jesus benar mati di tiang salib itu atau tidak, untuk urusan ini, bisa jadi kita bakalan geulut tanpa ujung pangkal. Kita kantongin aja dulu kisah Jesus. Kita coba aja analisa salib itu sendiri.

Tentang salib ini, adalah analisa saya sorangan. Bahkan bisa disebut hipotesa. Terserah kalau mau bilang saya duga2, toh saya gak tahu isi hatimu padaku.

Bahwa salib, sebenarnya sudah ada sebelum zaman Jesus. Sebelum zaman Herodes, bahkan sebelum Roma. Lambang itu adalah seperti palang yg saling melintang atau garis bersilangan. Namun persilangan yg terjadi berlambang sama panjang (tidak spt tiang penyaliban yg memiliki salah satu sisi kebawah yg lebih panjang dari sisi yg lainnya). Orang sering menyebutnya sebagai Cross Head.

Lambang ini juga ditemukan dalam beberapa artifak sejarah didalam Pyramid dan Spinx Pharaoh (Fir'aun) yg melambangkan pasukan pembangkang. Hipotesa saya, pasukan pembangkang itulah Musa dan Bangsa Israel.

Bahkan, pada beberapa sumber sejarah, Cross Head sudah ada ribuan tahun sebelum sebelum Ibrahim atau Musa. Orang menyebutnya lambang zoroaster. Hipotesa saya, itu bukan lambang milik zoroaster, melainkan lambang milik Noah atau Nuh.

Kenapa mereka mengidentifikasi dengan lambang Cross Head? Ini adalah sebuah ungkapan yg sudah lama dikenal, yakni VERTIKAL, melambangkan hubungan keatas, hubungan dengan sang Pencipta alam semesta. Sedangkan HORIZONTAL, melambangkan hubungan sesama, interkoneksi antara manusia dengan alam, dan antara manusia dgn manusia lainnya.

Kalau boleh saya berhipotesa, (kalau gak boleh ya maapin aja dech,.,.), arti dari salib dalam bahasa Alkitabnya adalah, cintailah Tuhan mu dengan sepenuh hati (Vertikal), dan cintailah manusia lain seperti engkau mencintai dirimu sendiri (Horizontal). Bahasa Arabnya, hablum minallah (hubungan ke Allah) (V), wa hablum minannas (hubungan dengan manusia lain) (H).

Kalau orang arabnya nolak, mereka bisa ganti lambang vertikalnya dengan gambar tatasurya lain (bintang), dan lambang horizontalnya dengan anggota tatasurya yg sama (bulan sabit juga boleh). Yang penting, itulah intisari ajaran para juru selamat. Kalau punya intisari lain, diluar daripada mencintai hubungan Vertikal atau Horizontal, silahkan saja. Tapi apa iya ada intisari lain diluar itu?! Please let me know.


Salam
aca

Tidak ada komentar: